Jumat, 13 November 2009

Asal-usul Istilah 'Cilaka 13'

Friends,

Asal-usul istilah 'cilaka 13' tidak usah dicari jauh-jauh, karena dia ada di sekitar kita saja. Kalau anda berkecenderungan klenik seperti saya, maka ada kemungkinan bahwa anda akan tahu asal-usulnya, yaitu dari kartu Tarot. Dari 78 kartu tarot, ada yg bernomor XIII, dan di situ tertulis 'Death'. Kematian. Kenapa mati? Karena terhajar oleh sampar atawa sampah yg disebar. Sampah adalah segala kepercayaan masa lalu yg disebar ke segala penjuru arah sehingga kita tidak bisa hidup 4 sehat 5 sempurna, pedahal hidup sehat adalah salah satu tujuan pembangunan nasional. Bener gak?

Tetapi janganlah kuatir karena ini hanya simbol saja. Tidak berarti sial, tidak pula berarti untung. Kalau kartu itu tiba-tiba muncul, anda hanya disarankan untuk berteriak kecil: Oh, my God. Bahasa Indonesianya: Ya Olloh. Dan itu halal saja karena tidak ada yg akan menjawab teriakan anda kecuali saya yg akan memberikan penjelasan bahwa anda memiliki kesempatan untuk merubah intensitas hubungan pribadi. Kalau itu tidak dirubah, maka anda akan "mati" (dalam tanda kutip).

Kematian datang berkali-kali dalam kehidupan. Ada mati dalam hidup, dan ada hidup dalam mati. Mati dalam hidup adalah ketika kita ngotot dan ngoyo mempertahankan hubungan dengan seseorang, pedahal masanya sudah kedaluwarsa. Dan untuk memperpanjang exit permit hubungan pribadi itu, yg perlu dijalani adalah merubah intensitasnya. Kalau tadinya terlalu renggang seperti Malaysia dan Indonesia, maka sekarang perlu lebih mesra. Kalau selama ini terlalu menempel seperti sari rapet, maka perlu dikilik sedikit supaya ruang gerak sedikit lega sehingga bisa berdiri selama puluhan tahun tanpa duduk seperti Nyonya Meneer.

Berikut percakapan hari ini dengan 3 orang rekan berbeda. Yg pertama merasa bertemu dengan Anand Krishna di dalam mimpi, pedahal sang bapak sama sekali tidak menyadarinya. I have never met you in my dream, said Anand Krishna secara telepathik. Yg kedua kisah tentang orang yg terheran-heran or takjub setelah mencoba CD meditasi dari Tibet. Yg ketiga bertanya kepada saya soal hantu. Baca aja.


+

PERCAKAPAN 1: MIMPI BERTEMU ANAND KRISHNA

T = Mas,

Gini, semalem aku ingat mimpiku beberapa tahun yg lalu tapi cukup berkesan, soale terasa real banget. Dalam mimpi itu aku ketemu Anand Krishna di sebuah bukit, terus dia ngomong sesuatu tapi lupa, setelah itu aku tiba-tiba ada di pinggir lautan. Ada beberapa orang bule di situ, dan dijelasin bahwa persis di situ adalah tempat pertemuan dua samudra. Lalu di mimpi berikutnya, aku diajak naik perahu kecil sama Anand Krishna, menyusuri sungai kecil. Di pinggir sungai ada sisa-sisa peradaban kuno. Anand Krishna berkata, kalo kamu mau lanjutin perjalanan, akan ada banyak buaya di depan. Begitulah mas, maksudnya gimana ya? Soale aku ngerasa mimpinya real banget.

J = Anand Krishna menjadi simbol yg muncul di dalam kesadaran anda. Simbol dari orang yg memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan spiritual. Pertama kali anda bertemu Anand Krishna di sebuah bukit, ini simbol dari sesuatu yg konkrit. Hasil dari kontemplasi pribadi Anand Krishna yg nampaknya sudah pernah anda baca di buku-bukunya. Lalu anda berada di pinggir laut dan diberi tahu bahwa di situ tempat pertemuan dua samudra. Dua samudra artinya dua peradaban. Anand Krishna telah membawa anda untuk melihat tempat bercampurnya dua peradaban berbeda, dan anda melihatnya dari pinggir pantai, tempat yg aman saja bagi anda. Setelah itu anda naik perahu bersama Anand Krishna menyusuri sungai kecil. Sungai kecil itu simbol dari perasaan anda sendiri yg masuk makin ke dalam, dan makin ke dalam. Ada banyak sisa peradaban di pinggir sungai, yg merupakan simbol dari memory masa lalu anda. Bisa dibilang memory masa kecil. Terakhir, Anand Krishna memperingatkan bahwa ada banyak buaya di depan. Buayanya belum muncul, tetapi kata 'buaya' memiliki konotasi berbahaya. Buaya itu adanya di dalam kesadaran anda sendiri ketika anda makin masuk ke dalam. Ada banyak jebakan, dan anda sudah diberi tahu sebelumnya. Tetapi anda berada di dalam perahu bukan? Dan anda tidak perlu takut dengan buaya yg muncul karena belum tentu buaya itu berbahaya. Siapa tahu cuma buaya karet aja, ya gak?


+

PERCAKAPAN 2: TANPA MEDIA CETAK MAUPUN ELEKTRONIK


T = Malam Bang Leo,

Aku mo nanya lagi tentang makna symbol yg aku lihat pada saat meditasi, begini critanya:

Tadi sore (6 November 2009) sekitar pukul 3 WITA, aku meditasi diiringi audio - relax & meditation - Tibet mantras - om mani padme hum (2). Ini hal baru bagi tehnik meditasi saya yg biasanya nggak pake musik-musikan. Ok lah lewati aja tehnik musik-musikannya... pada saat meditasi itu aku dibawa masuk ke sebuah lorong gelap yg lurus namun ujungnya adalah ruang hampa yg berwarna biru gelap (kurang lebih begitu warnanya)... Ini juga merupakan hal baru yg saya lihat. Biasanya lorongnya gelap namun ujungnya berupa sinar terang benerang. Namun tiba-tiba warna biru gelap itu tersingkap menjadi sebuah penglihatan berupa pemandangan alam, saya menyaksikan sebuah hamparan padang rumput yang di kejauhan (kira-kira 100 meter) dari tempat saya mengamati terdapat rimbunan pepohonan yg berjejer bergaris lurus di bibir pantai yang ada di balik pepohonan itu. Pantainya berpasir putih dan airnya biru jernih (namun dangkal).

Namun seketika itu juga saya tersadar dari meditasi saya... trus saya ingat-ingat apa yg saya lihat tadi, dan tiba-tiba saya sadar bahwa apa yg saya lihat itu saya tau persis tempatnya dan lokasinya. Lalu jari-jemari saya klak-klik mouse nyari dokumen foto yg ada di dalam laptop. Foto itu kiriman dari saudara saya yg tinggal di Australia. Foto itu dikirim sekitar satu tahun yg lalu lewat e-mail kepada saya… yup..persis banget apa yg saya lihat dengan apa yg tergambar di foto itu. Itu lokasi merupakan latar depan dari rumah peristirahatan (bisa dibilang villa biar kerenan dikit.. hehehe) saudara saya yg di Australia.

Lalu sekitar pukul 5 WITA (abis mandi sore tentunya), saya iseng buka skype, eh secara kebetulan saudara saya itu juga OL di skype, lalu kita chatting di situ. Dia nanya kabar saya n cerita ngalor ngidul dech, lalu saya tanya dia sekarang lagi di mana? Dia jawab nich aku sekarang lagi di rumah pantai n baru nyampe tadi pagi karena hari Sabtu aku mo istirahat di sini, ngilangin kepenatan di Melbourne…

Saya rasa kok pas banget ya kejadiannya, tapi saya anggap ini kebetulan saja. Menurut Bang Leo apa arti dari simbol-simbol itu?

J = Artinya memang menyambung. Anda bisa secara telephatik berkomunikasi dengan orang lainnya. Apa yg dilihat oleh orang itu bisa pula anda lihat ketika anda sedang meditasi. Jadi, seolah-olah anda melihat dari mata orang lain itu. Pengalaman seperti ini sangat umum. Jadi tidak perlu terlalu dipikirkan. Hikmahnya cuma satu, yaitu pikiran kita bisa langsung berkomunikasi tanpa media cetak maupun elektronik.


+

PERCAKAPAN 3: COBA AJA HANTUNYA DIPOTRET


T = Bang Leo

Di kantor pusat saya di lt. 2 n 3 kata orang ada hantunya, beberapa orang mengaku pernah melihat, saya sendiri tidak percaya walaupun sebenarnya saya penakut, membayangkan wajah bos lagi marah aja sudah menakutkan apalagi hantu. Suatu saat ada tamu dari divisi laen 3 orang, yg 2 orang mengaku dilihatin itu hantu, saya jadi agak percaya karena mereka orang luar jadi kayaknya nggak ngarang. Bagaimana pandangan Bang Leo?

J = Coba aja hantunya dipotret. Kalo bisa dipotret berarti benar ada hantu. Kalau dipotret gak ada apa-apa artinya gak ada hantu.


+

Leo
@ Komunitas Spiritual Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar