Jumat, 04 Desember 2009

56 Kartu Arkana Minor dan Pengertiannya

Teman-teman,

Berikut pengertian 56 kartu arkana minor dalam tarot yg ditulis untuk buku 'Panduan Tarot Bali', tetapi bisa juga digunakan untuk tarot lainnya yg menggunakan sistem Rider-Waite-Smith. Kartu Tarot Bali sendiri belum selesai seluruhnya, walaupun sudah dikerjakan selama 11 bulan nonstop oleh artis muda berbakat dari Denpasar, Gede Jayadi Pramana Kusuma. Slow but sure, kata saya kepada Gede. Kalau memang jodoh saya, biarpun dipisahkan oleh Samudra Hindia pasti akan bertemu juga (tapi apa hubungannya yeh..). And here they are:


+

56 KARTU ARKANA MINOR DAN PENGERTIANNYA


1. KARTU SWORDS ATAU ELEMEN UDARA


Kartu Swords berjumlah 14 helai, dan terdiri dari kartu tindakan yg berurutan dari satu sampai dengan 10. Ace of Swords adalah kartu yg tempatnya di urutan pertama. Empat helai kartu lainnya adalah kartu orang, yaitu: Page of Swords, Knight of Swords, Queen of Swords dan King of Swords.


PENGERTIAN KARTU TINDAKAN DALAM SWORDS



Kartu arkana minor Ace of Swords.


Ace of Swords adalah awal segala sesuatu ketika pikiran kita siap untuk memulai membahas sesuatu yg membutuhkan keahlian komunikasi atau penyampaian pesan-pesan berbentuk kalimat kepada manusia lainnya.

+


Kartu arkana minor Two of Swords.


Two of Swords adalah saat ketika kita harus memutuskan apa yg mau kita pilih. Apakah ke kiri atau ke kanan, tetapi keputusan itu belum diambil. Kita tidak bisa memutuskan karena keduanya sama beratnya.

+


Kartu arkana minor Three of Swords.


Three of Swords adalah saat ketika pilihan yg bisa diambil bertambah lagi sehingga di dalam kepala kita ada beberapa hal sekaligus yg semuanya sah atau masuk akal. Seharusnya kita menggabungkan semuanya, tetapi itu juga tidak bisa dilakukan.

+


Kartu arkana minor Four of Swords.


Four of Swords adalah ketika kita akhirnya diam saja karena ternyata tidak ada yg bisa diambil tanpa menyebabkan yg lain protes. Semua pilihan itu tetap ada, berikut argumentasinya masing-masing. Tidak ada yg berubah, dan kita akhirnya diam saja.

+


Kartu arkana minor Five of Swords.


Five of Swords adalah berjalannya segala sesuatu dengan begitu mudahnya tanpa usaha karena kita tidak lagi ngotot ingin mengambil keputusan. Segala sesuatu yg sudah berjalan ternyata tetap masih bisa berjalan, dan kita tidak kekurangan suatu apapun.

+


Kartu arkana minor Six of Swords.


Six of Swords adalah kemampuan pikiran kita untuk melakukan manuver sesuai kondisi yg ada tanpa menyebabkan orang lain kehilangan keseimbangan. Bisa juga dikatakan sebagai kepiawaian hidup ketika kita pasrah dalam keadaan apa adanya saja.

+


Kartu arkana minor Seven of Swords.


Seven of Swords adalah manipulasi dan rekayasa yg kita lakukan setelah menyadari bahwa ternyata kita bisa meningkatkan kinerja kerja. Ada hal-hal yg terasa dipaksakan untuk mempertahankan apa yg kita capai sebelumnya.

+


Kartu arkana minor Eight of Swords.


Eight of Swords adalah tujuan satu-satunya yg kita pegang karena kita tahu bahwa segala yg lain cuma pelengkap dan bukan essensi. Walaupun ada banyak pernak-pernik dalam pekerjaan kita, ternyata yg utama cuma satu yaitu memberikan rasa kenyamanan kepada pelanggan, contohnya.

+


Kartu arkana minor Nine of Swords.


Nine of Swords adalah situasi mendekati kejenuhan ketika kita menyadari bahwa kita tinggal memiliki satu langkah lagi yg tersisa sebelum tenaga pikiran kita habis digunakan. Kita akan mengevaluasi segala sesuatunya dan ternyata kita tidak bisa kembali lagi ke masa lalu.

+


Kartu arkana minor Ten of Swords.


Ten of Swords adalah puncak dari kegiatan mental di dalam diri kita, atau puncak dari komunikasi antar manusia yg bisa kita upayakan. Semuanya telah dikeluarkan dan tidak ada lagi yg bisa ditambahkan, sehingga akhirnya kita harus balik kembali ke titik awal, yaitu Ace of Swords.


PENGERTIAN KARTU ORANG DALAM SWORDS



Kartu arkana minor Page of Swords.


Page of Swords adalah seorang pemuda atau pemudi yg sangat cerdas, ingin mengetahui segalanya dalam waktu singkat. Saingat impulsif dan tidak sabar. Bisa juga berarti ilmu pengetahuan baru yg bisa menimbulkan harapan sekaligus rasa kuatir.

+


Kartu arkana minor Knight of Swords.


Knight of Swords adalah seorang dewasa yg bisa mengambil keputusan di tempat, tindakannya tidak bisa diduga, karena orang ini bisa berbalik arah secara tiba-tiba. Dan karenanya bisa juga diartikan sebagai berita mendadak.

+


Kartu arkana minor Queen of Swords.


Queen of Swords adalah seorang dewasa yg telah matang pengalaman, biasanya berjenis-kelamin wanita. Sifatnya sangat suka mengatur semua orang, cerewet sampai pada hal yg sekecil-kecilnya, suka mengkritik dan susah dipuaskan kemauannya.

+


Kartu arkana minor King of Swords.


King of Swords adalah seorang dewasa yg telah matang pengalaman sehingga menguasai bidangnya dengan mendalam, biasanya berjenis-kelamin pria. Sifatnya sangat teratur, dan bisa menciptakan sistem untuk mengatur segalanya yg perlu dijalankan oleh orang-orang lain. Bisa juga berarti suatu sistem pengetahuan yg telah mapan.


2. KARTU CUPS ATAU ELEMEN AIR


Kartu Cups berjumlah 14 helai, dan terdiri dari kartu tindakan yg berurutan dari satu sampai dengan 10. Ace of Cups adalah kartu yg tempatnya di urutan pertama. Empat helai kartu lainnya adalah kartu orang, yaitu: Page of Cups, Knight of Cups, Queen of Cups dan King of Cups.


PENGERTIAN KARTU TINDAKAN DALAM CUPS



Kartu arkana minor Ace of Cups.


Ace of Cups adalah penuhnya semangat emosional ketika seseorang mulai berjalan dengan orang-orang lainnya. Ada cinta yg akan dibagi, dan ada cinta yg akan diterima. Segalanya masih penuh, utuh dan tidak terpecah.

+


Kartu arkana minor Two of Cups.


Two of Cups adalah bersatunya perasaan dalam hubungan berdua dengan orang tertentu saja. Saya adalah dia, dan dia adalah saya. Orang tertentu bisa berarti perusahaan tertentu, rekan bisnis, bahkan disiplin ilmu ataupun aliran keagamaan yg ditekuni.

+

Three of Cups adalah hubungan persahabatan dengan teman-teman dekat. Teman adalah saya, dan saya adalah teman. Kemana-mana selalu bersama-sama. Saya menikmati segalanya ini karena saya diterima sepenuhnya sebagai bagian dari kelompok.

+


Kartu arkana minor Four of Cups.


Four of Cups adalah emosi yg terjebak dalam masa lalu karena saat ini saya tidak bisa lagi merasakan apa yg pernah saya rasakan. Saya pernah bahagia ketika bersama orang-orang dekat, tetapi sekarang saya tidak bahagia. Saya pernah penuh harap, tetapi sekarang rasa itu sudah tidak ada lagi.

+

Five of Cups adalah kekecewaan yg mendalam ketika ternyata tidak ada lagi orang yg mau menanggapi segala keluh kesah kita. Orang menganggap apa yg kita rasakan itu biasa-biasa saja dan tidak perlu dibesar-besarkan, dan kekecewaan kita semakin bertambah karenanya.

+

Six of Cups adalah munculnya perasaan senang ketika ingatan kita terpaku pada masa lalu di mana kita tidak memiliki beban. Setelah berjalan sekian lama melewati berbagai tahap sebelumnya, ternyata kita bisa ingat lagi ke masa lalu di mana kita mulai bisa merasakan kebahagiaan.

+


Kartu arkana minor Seven of Cups.


Seven of Cups adalah munculnya bayangan-bayangan tentang perasaan yg akan bisa dinikmati ketika kita bergaul dengan orang tertentu, meninggalkan hubungan sekarang dan membina hubungan baru. Tetapi semuanya hanyalah bayangan belaka. Perasaan kita berganti-ganti sesuai dengan bayangan yg muncul.

+

Eight of Cups adalah memburuknya tingkat emosi sehingga kita masuk ke dalam diri sendiri dan menemukan bahwa ternyata kita tidak kemana-mana. Ternyata perasaan adalah perasaan, dan diri kita yg asli bukanlah perasaan itu. Kita bisa menemukan sumber kekuatan batin di sini.

+

Nine of Cups adalah kemampuan bergaul dengan semua orang tanpa perduli lagi pada hubungan spesial. Kita tidak lagi membedakan orang, sehingga akhirnya kita bisa menikmati segalanya dengan banyak teman. Semuanya dianggap sama tanpa ada yg diperlakukan istimewa lagi.

+

Ten of Cups adalah penuhnya kembali segala emosi di diri kita ketika kita menemukan bahwa ternyata kita dibutuhkan oleh banyak orang. Kita menikmati memberikan apa yg bisa kita berikan, dan ternyata kehadiran kita dinantikan oleh banyak orang. Itulah yg namanya kebahagiaan, yg membawa seri tindakan dalam Cups kembali lagi ke titik awal, yaitu Ace of Cups.


PENGERTIAN KARTU ORANG DALAM CUPS


Page of Cups adalah seorang pemuda atau gadis yg sangat sensitif. Orangnya pemalu dan memiliki bakat memahami perasaan orang lain. Bisa juga dibilang sebagai bakat kemampuan psikis.

+

Knight of Cups adalah seorang dewasa muda yg selalu ingin mengenal orang-orang baru, selalu berpindah dari satu hubungan ke hubungan lainnya. Yg dicari bukanlah hubungan tetap melainkan orang-orang baru.

+

Queen of Cups adalah seorang dewasa yg sudah matang, biasanya wanita. Sifatnya perajuk dan selalu mengasihani dirinya sendiri. Biasanya orang seperti ini tidak akan pernah bisa dipuaskan karena dia tidak puas dengan dirinya sendiri.

+

King of Cups adalah seorang pria yg sudah mapan dan sifatnya terlalu baik. Biasanya seorang pria. Orang ini tidak pernah menolak permintaan orang lain, sifatnya tidak pernah menghakimi, dan tidak mampu mengambil tindakan tegas walaupun dia mampu.


3. KARTU WANDS ATAU ELEMEN API


Kartu Wands berjumlah 14 helai, dan terdiri dari kartu tindakan yg berurutan dari satu sampai dengan 10. Ace of Wands adalah kartu yg tempatnya di urutan pertama. Empat helai kartu lainnya adalah kartu orang, yaitu: Page of Wands, Knight of Wands, Queen of Wands dan King of Wands.


PENGERTIAN KARTU TINDAKAN DALAM WANDS



Kartu arkana minor Ace of Wands.


Ace of Wands adalah situasi ketika segala tenaga fisik telah terkumpul sehingga kita siap untuk memulai pelaksanaan suatu proyek, apapun bentuknya. Bisa diartikan sebagai kemampuan bertindak secara fisik.

+


Kartu arkana minor Two of Wands.


Two of Wands adalah saat-saat ketika proyek mulai berjalan, sekitar 20% dari keseluruhan tahap yg harus dijalankan apabila semua akan dituntaskan. Tenaga masih banyak sehingga kita masih merasa segar.

+


Kartu arkana minor Three of Wands.


Three of Wands adalah satu langkah lagi ke muka ketika apa yg telah dimulai telah bisa berjalan dengan cukup lancar. Belum ada hasil, dan kita tetap memasukkan tenaga ke dalam proyek yg telah berjalan.

+


Kartu arkana minor Four of Wands.


Four of Wands adalah sukses pertama yg berhasil diraih sehingga semua orang berpendapat bahwa segalanya akan berjalan baik. Kita bisa menyisihkan sedikit energi untuk merayakan hal ini, walaupun tentu saja masih banyak tugas di depan.

+


Kartu arkana minor Five of Wands.


Five of Wands adalah kerja keras yg dilakukan ketika mulai muncul persaingan. Ada yg harus dipaksakan di sini dan ini merupakan tantangan pertama. Separuh tenaga yg ada harus dihabiskan, dan ini bisa terasa berat oleh pelakunya.

+


Kartu arkana minor Six of Wands.


Six of Wands adalah keberhasilan kedua ketika ternyata persaingan bisa dihadapi dengan baik sehingga menghasilkan pujian dari banyak pihak. Lebih dari separuh tenaga telah dikeluarkan, dan tenaga sisa masih cukup banyak.

+


Kartu arkana minor Seven of Wands.


Seven of Wands adalah sikap menunggu, tidak aktif maupun pasif, melainkan menunggu apa yg akan muncul sehingga bisa dihadapi dengan tanggapan yg pas. Hanya ada 30% tenaga yg tersisa sehingga tidak bisa disia-siakan begitu saja.

+


Kartu arkana minor Eight of Wands.


Eight of Wands adalah berjalannya pekerjaan dengan tempo cepat tanpa perlu melakukan persiapan lagi. Segalanya serba cepat karena telah ada pengalaman kerja sebelumnya, dan juga karena sisa tenaga tidak terlalu banyak lagi.

+


Kartu arkana minor Nine of Wands.


Nine of Wands adalah sikap diam karena mengetahui bahwa tenaga yg tersisa sangat terbatas karena semua telah didayagunakan di tahap-tahap sebelumnya ketika jatuh bangun menghadapi persaingan dan mengejar target.

+


Kartu arkana minor Ten of Wands.


Ten of Wands adalah pendaya-gunaan segala tenaga yg ada untuk mencapai hasil yg diinginkan. Tidak ada lagi tenaga yg tersisa setelah bekerja keras, sehingga akhirnya harus kembali lagi ke titik awal, yaitu Ace of Wands.


PENGERTIAN KARTU ORANG DALAM WANDS



Kartu arkana minor Page of Wands.


Page of Wands adalah seorang pemuda atau pemudi yg gegabah. Bertindak dahulu dan berpikir belakangan. Ini orang elemen api yg ciri-cirinya selalu bertindak dahulu dan berpikir belakangan. Manusia yg mengandalkan tubuh fisik untuk mencapai apa yg diinginkannya.

+


Kartu arkana minor Knight of Wands.


Knight of Wands adalah seorang dewasa muda, bisa pria maupun wanita, yg langsung bisa meneruskan apa yg telah dimulai tanpa perlu berpikir dan mengajak bicara orang lainnya. Bisa juga berarti menjalani tugas tanpa memperdulikan protes oleh orang lain.

+


Kartu arkana minor Queen of Wands.


Queen of Wands adalah seorang manusia setengah baya, biasanya wanita, yg bisa bertindak tegas tanpa perlu basa-basi. Bisa juga diartikan sebagai suatu usaha komersil yg tidak perlu mempertimbangkan hubungan antar pribadi dan alasan-alasan non komersial.

+


Kartu arkana minor King of Wands.


King of Wands adalah seorang pria setengah baya yg mampu memimpin kelompoknya sekaligus ikut turun tangan sendiri. Seorang pekerja yg mapan dan mampu menangani sendiri segala persoalan tanpa terjerambab dalam perasaan dan pemikiran yg tidak perlu.


4. KARTU PENTACLES ATAU ELEMEN TANAH


Kartu Pentacles berjumlah 14 helai, dan terdiri dari kartu tindakan yg berurutan dari satu sampai dengan 10. Ace of Pentacles adalah kartu yg tempatnya di urutan pertama. Empat helai kartu lainnya adalah kartu orang, yaitu: Page of Pentacles, Knight of Pentacles, Queen of Pentacles dan King of Pentacles.


PENGERTIAN KARTU TINDAKAN DALAM PENTACLES



Kartu arkana minor Ace of Pentacles.


Ace of Pentacles adalah modal awal yg dimiliki oleh seseorang. Bisa berarti bakat, kemampuan, tingkat pendidikan, uang, pengalaman, dsb. Semuanya adalah hal yg nyata dan memiliki harga, baik bentuknya fisik maupun abstrak.

+


Kartu arkana minor Two of Pentacles.


Two of Pentacles adalah berjalannya usaha dengan tersendat-sendat. Ada yg harus diimbangi, tidak bisa berjalan terlalu ke kanan, dan tidak bisa terlalu ke kiri. Bisa juga diartikan sebagai keragu-raguan karena ada sesuatu yg dipertaruhkan.

+


Kartu arkana minor Three of Pentacles.


Three of Pentacles adalah berjalannya kegiatan dengan rutin karena segalanya telah menjadi kebiasaan yg bisa berlangsung biasa saja bahkan tanpa perlu dipikirkan dan diawasi. Bisa diartikan sebagai kebiasaan, tradisi dan semacamnya.

+

Four of Pentacles adalah pembagian tugas dan tanggung jawab. Ada yg merupakan bagian saya, dan ada yg merupakan bagian dia. Pemisahan secara jelas dilakukan sehingga tidak ada satu pihak yg merasa diuntungkan maupun dirugikan.

+

Five of Pentacles adalah masa kekurangan. Baru separuh pekerjaan yg dilaksanakan, dan ternyata modal belum kembali. Bahkan hal yg dianggap wajar juga tidak bisa dilakukan tetapi manusianya tetap saja bisa hidup dan bertahan.

+


Kartu arkana minor Six of Pentacles.


Six of Pentacles adalah masa berlebih-lebihan. Setelah kekurangan di waktu sebelumnya, maka kini modal yg telah masuk dikeluarkan kembali sebagai investasi tanpa perhitungan. Bisa dikatakan sebagai masa kompensasi untuk menebus masa kekurangan di tahap sebelumnya.

+

Seven of Pentacles adalah masa menunggu. Modal telah ke luar, sedangkan hasil belum bisa dipetik. Ada sesuatu yg akan segera datang. Menunggu bisa terasa lama, dan bisa juga terasa seolah-olah tidak akan berakhir.

+


Kartu arkana minor Eight of Pentacles.


Eight of Pentacles adalah bekerja menggunakan semua daya yg ada tanpa memperdulikan lagi proses ke luar dan masuknya modal. Bekerja dengan tekun dan apa adanya saja. Bisa juga dikatakan sebagai masa produktif.

+


Kartu arkana minor Nine of Pentacles.


Nine of Pentacles adalah rasa percaya diri yg muncul karena ternyata kita berhasil menerapkan segala sesuatunya dalam segala keterbatasan yg ada. Kita tidak lagi memperdulikan modal yg dikeluarkan maupun hasil yg akan kita petik.

+


Kartu arkana minor Ten of Pentacles.


Ten of Pentacles adalah menumpuknya semua hasil usaha dalam bentuk prestasi, uang, materi, penghargaan, dsb. Ini adalah tahap terakhir dalam seri pentacles, sehingga harus balik kembali ke titik awal, yaitu Ace of Pentacles.


PENGERTIAN KARTU ORANG DALAM PENTACLES


Page of Pentacles adalah seorang pemuda atau pemudi yg giat belajar. Sifatnya agak pendiam dan lamban, dan tidak tertarik dengan hal-hal yg bersifat spekulasi. Orangnya mau yg pasti-pasti saja. Inilah sifat umum dari orang-orang elemen tanah yg di dalam kartu tarot disimbolkan dengan seri pentacles.

+

Knight of Pentacles adalah seorang pria atau wanita dewasa yg berjalan terus di bidangnya. Kata lainnya adalah ketekunan meneruskan apa yg telah dipelajari. Bisa juga berarti meneruskan apa yg pernah tertunda sebelumnya.

+

Queen of Pentacles adalah seorang dewasa berusia sekitar 50 tahun, biasanya wanita, yg gemar akan kemewahan. Senang menikmati hidup, terutama dari segi materinya. Sifatnya boros bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang lain di sekelilingnya.

+

King of Pentacles adalah seorang dewasa berusia sekitar 50 tahun, biasanya pria, yg memiliki banyak modal yg bisa digunakan oleh orang-orang lain yg mau bekerja untuknya. Kata lainnya adalah pemilik modal. Bisa juga diartikan sebagai faktor-faktor produksi yg berkelimpahan dan menunggu didaya-gunakan.


+

Leo
@ Komunitas Spiritual Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar