Senin, 07 Desember 2009

Kata-kata Mutiara

Friends,

Berikut kata-kata mutiara yg ke luar dari jari-jari tangan saya hari ini dan kemarin, maybe ada gunanya juga.


+

KATA MUTIARA 1: MENERIMA DIRI SENDIRI


Menerima, to accept, juga berarti bahwa kita menerima kemampuan kita untuk menolak apa yg mau dipaksakan oleh orang lain. Banyak orang terpaksa harus melewati hidup dengan jungkir balik karena diajarkan untuk menolak bahwa diri kita bisa menolak. Pedahal kita harus menerima bahwa kita juga bisa menolak. Kalau kita mau menerima itu, maka segala sakit penyakit di dada akan bisa hilang dengan sempurna.

Kalau ada orang mau memaksakan pendapatnya, maka kita bisa menolak. Kita bilang kita tidak perlu pendapatnya. Bilang langsung di hadapan orangnya kalau berhadapan. Kalau orang mau menjual konsep Tuhan yg sudah busuk itu melalui FB, maka kita bisa tendang orangnya dengan sempurna. Dan, kalau orang itu punya otak sebesar biji sesawi saja, maka dia akan sadar bahwa dia hanya berfantasi belaka tentang Tuhan-nya. Kalau benar ada itu Tuhan, maka otomatis the Tuhan akan membela dia ketika pantatnya kita tendang dari FB, tuing !

Ternyata tidak ada, ternyata orangnya bisa ditendang dengan begitu mudahnya.

Itu contoh saja... Makanya plis janganlah jatuh ke dalam lembah kenistaan yg bilang bahwa kita harus pasrah menerima segala macam sampah yg dilemparkan oleh orang-orang najis itu. Berkhotbah tentang Tuhan di hadapan kita tanpa diminta, dan bahkan dengan sikap arogan, termasuk ke dalam perbuatan najis yg terakhir dan sempurna, ehem..

Dan kita bisa tendang orangnya kalau kita mau menerima diri kita sendiri. Accepting ourselves, menerima bahwa kita memiliki kemampuan untuk menolak hal-hal negatif, untuk menolak mereka yg arogan memaksakan pendapatnya, untuk menolak mereka yg menurut kita tidak menggunakan otaknya dengan baik dan benar.

Kalau kita mau menggunakan otak kita, kalau kita mau menerima bahwa kita berhak menyingkirkan hal yg najis itu (menyingkirkan orangnya), maka hidup akan menjadi lebih indah.

Sudah indah, dan akan lebih indah lagi, yeah !!


+

KATA MUTIARA 2: CINTA DAN BENCI


Sigmund Freud menggunakan dua konsep untuk merujuk kepada id atau naluri di diri manusia. Dua konsep itu namanya libido dan mortido. Libido artinya cinta dan mortido artinya benci. Cinta dan benci keduanya ada di diri manusia, dan manifestasinya macam-macam. Manusia hidup selalu secara otomatis berusaha menyelaraskan dirinya di titik tengah.

Tantangannya adalah mengarahkan mortido atau benci agar tidak merusak orang lain maupun diri sendiri. Mortido bisa disublimasikan dan diarahkan ke hal-hal positif. Orang yg sakit adalah yg mengarahkan mortido atau benci di dirinya ke arah obyek di luar dirinya, dan/atau juga kepada dirinya sendiri. Mortido yg tidak dimengerti itulah yg sering kita sebut sebagai hal negatif dalam hidup.

Penemuan dua konsep ini merupakan terobosan besar di awal abad ke-20, tetapi banyak dari kita yg masih belum mengerti. Pedahal banyak dari kelakuan manusia dan masyarakat bisa diterangkan dengan dua konsep ini. Libido dan mortido, cinta dan benci. Keduanya selalu berusaha menyeimbangkan diri agar manusianya menjadi sehat lahir dan batin, yeah !!


+


Salam Narcis,

Leo
@ Komunitas Spiritual Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar